Workshop Penguatan Sistem Akuntabilitas

KUALA PEMBUANG – Dalam rangka meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) menuju pemerintahan yang bersih (clean government) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Seruyan dilaksanakan Workshop Penguatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Pemerintah Perangkat Daerah yang dilaksanakan pada Selasa (08/05/2018). Bertempat di aula Kantor Bupati Seruyan, dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Seruyan Drs. Haryono, MM, Tim Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta Tim Asistensi Reformasi Birokrasi Provinsi Kalimantan Tengah dan dihadiri oleh staf ahli, asisten dan kepala perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Seruyan. Sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (sakip) bisa digunakan sebagai media dalam upaya penyelenggaraan tata kelola pemerintahan yang baik (good governannce) menuju pemerintahan yang bersih (clean goverment) dan untuk memenuhi tiga pilar utama tata kelola pemerintahan yang baik yaitu akuntabilitas, transparansi dan partisipasi. Sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah harus terus diperkuat guna mewujudkan birokrasi yang akuntabel, efektif dan efisien.

Sistem penyelenggaraan pemerintah daerah selama ini hanya memfokuskan pada terlaksananya suatu program atau kegiatan, sementara belum sepenuhnya memperhatikan hasil yang ingin dicapai. Sistem pengukuran kinerja yang terlalu memfokuskan pada realisasi keuangan. Dimana berhasil atau tidaknya suatu unit instansi pemerintah hanya dinilai dari besarnya anggaran yang dapat diserap tanpa mengukur apakah anggaran yang digunakan tersebut dapat dimanfaatkan atau tidak terhadap kesejahteraan masyarakat. Kegiatan workshop ini sangat perlu sebagai strategi dalam mempertajam pemahaman dan persepsi tentang penerapan sistem akuntabilitas kinerja guna mendukung terwujudnya reformasi birokrasi.

Mengimplementasikan sakip dengan baik, instansi pemerintah harus dapat memfokuskan kinerja pada hasil yang dirasakan oleh masyarakat, mewujudkan efektivitas dan efisiensi pada penggunaan anggaran serta mencegah penyimpangan penggunaan anggaran dan pemborosan penggunaan anggaran. Selain itu ukuran keberhasilan menjadi jelas dan terukur serta dapat menetapkan program atau kegiatan yang berkaitan dengan pencapaian sasaran yang akan dicapai serta melaksanakan rincian atas kegiatan tersebut sesuai dengan tujuan kegiatan. Peringkat Sakip Kabupaten Seruyan Tahun 2017 memperoleh nilai 55,46 atau predikat CC. Tahun 2018 diharapkan meningkat dari CC menjadi B. Untuk mewujudkan hal tersebut harus didukung komitmen dan tanggung jawab semua pihak, dari masing-masing pimpinan pada semua tingkatan perangkat daerah. Semua harus ikut ikut bertanggung jawab atas penerapan penyelenggaraan sakip.  (nrl/foto:aan)