Ujian Seleksi CPNS 2018

Kuala Pembuang – Memiliki pekerjaan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah dambaan bagi hampir seluruh rakyat Indonesia khususnya Kabupaten Seruyan, bahkan banyak orang tua yang menginginkan anaknya kelak menjadi seorang PNS. Menjadi PNS pastinya bekerja mengabdi untuk negara, namun ada satu hal kenapa banyak orang menginginkan bekerja sebagai PNS, yaitu tidak lain karena tergiur dengan penghasilan tiap bulannya. Gaji seorang PNS sebenarnya hampir sama seperti pegawai pada umumnya, tapi bagian tunjangan diluar gaji tiap bulannya yang sangat menggiurkan, belum lagi mendapatkan jaminan hari tua dan jaminan kesehatan. Untuk menjadi seorang PNS itu sekarang juga tidak mudah, karena harus melewati test terlebih dahulu dan melawan banyak orang yang sama-sama menginginkan untuk menjadi PNS.

Tantanganya karena tidak setiap tahun pemerintah sekarang membuka lowongan untuk mencari PNS . Di Kabupaten Seruyan Berdasarkan dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) untuk data pelamar Tahun 2018 yang lulus berkas dan berhak mengikuti seleksi kompetensi dasar berjumlah 2.125 orang. Hal ini disampaikan oleh Kepala BKPSDM Kabupaten Seruyan H. Hartono, SH pada saat menyampaikan laporan ketua panitia pada kegiatan pengarahan peserta ujian seleksi CPNS Tahun 2018 di Lapangan Tenis Indor Kuala Pembuang, Jumat (9/11).

Adapun yang menjadi dasar dari penyelenggaraan ujian seleksi CPNS ini adalah:

  1. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN;
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil;
  3. Peraturan Kepala BKN Nomor 08 Tahun 2018 tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi dengan Metode Computer Assisted Test (CAT) BKN.

Kegiatan pengarahan peserta ujian seleksi CPNS Tahun 2018 ini adalah memberikan arahan, semangat dan motivasi kepada seluruh peserta ujian CPNS Kabupaten Seruyan, sehingga lebih siap dalam menghadapi ujian CAT dari BKN. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penjelasan tentang tata tertib yang harus dipatuhi selama mengikuti ujian oleh seluruh peserta. Ujian CAT di BKPSDM Kabupaten Seruyan dengan jumlah peserta 2.125 orang ini akan memerlukan waktu selama 6 (enam) hari, dengan rincian untuk 1 hari dilaksanakan 6 sesi ujian dan setiap sesi ada 60 orang, maka 1 hari sebanyak 360 orang yang akan mengikuti ujian seleksi CPNS.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Seruyan yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Seruyan Drs. Haryono, M.M meyampaikan bahwa pemerintah Kabupaten Seruyan mendapat formasi CPNS dari Pemerintah Pusat sebanyak 281 formasi. Bertambahnya dukungan personil tersebut dan memiliki latar belakang pedidikan yang beragam dapat menjadi energi baru dan harapan baru bagi Pemerintah Kabupaten Seruyan tentunya untuk menjadikan Kabapten Seruyan lebih baik yang berlandasakan pada Visi dan Misi yang telah ditetapkan. Seperti diketahui bersama, bahwa penerimaan CPNS pada tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dengan telah ditetapkannya PP Nomor 11 Tahun 2018, maka seleksi penerimaan PNS berubah dari manual menjadi sistem online. Penerimaan CPNS pada tahun ini harus melalui tahapan-tahapan seleksi yang sangat ketat, mulai dari seleksi administrasi yang dilakukan secara online dan test dengan sistem CAT, sehingga dapat mengurangi kecurigaan masyarakat terhadap pertanggungjawaban pelaksanaan seleksi.

Kabupaten Seruyan terbentuk pada tahun 2002, sehingga sudah 16 tahun pada tahun 2018 ini. Akan tetapi, menurut Bupati Seruyan bahwa Pemerintah Kabupaten Seruyan masih banyak kekurangan dan perlu pembenahan dalam banyak bidang, baik bidang administrasi pemerintah, maupun bidang pelayanan kepada masyarakat. Oleh karena itu, besar harapan pada peserta ujian seleksi CPNS yang nanti lulus dan merupakan putera puteri terbaik bangsa yang profesional, berkualitas dan loyal serta menguasai bidang tugasnya atas dasar keahlian dan keterampilan demu kemajuan Kabupaten Seruyan. Perasaan cemas, gugup dan merasa rendah diri dalam menjawab soal pasti akan dialami peserta saat menjelang test nanti. Bahkan mungkin ada yang berfikiran bahwa test ini adalah formalitas dalam arti sdh ada titipan.

Tetapi Bupati menegaskan bahwa melarang keras tindakan tersebut. Beliau menginginkan PNS yang profesional, berkualitas, serta loyal dalam menjalankan pemerintahan. Sehingga, beliau meminta kepada BKPSDM Kabupaten Seruyan untuk mengadakan kegiatan pengarahan terlebih dahulu kepada seluruh peserta ujian seleksi CPNS sebagai persiapan menghadapi ujian dan sekaligus memberikan semangat dan motivasi. Dan pada hasil akhir ujian seleksi dari 2.125 orang peserta dan sebanyak 281 formasi yang tesedia hanya 46 orang yang lulus.

 “Ketika Kita Memaknai Hari Ini Adalah Hari Yang Biasa-Biasa Saja, Maka Kita Akan Keluar Dari Tempat Ini Menjadi Orang Yang Biasa-Biasa Saja.

Namun, Ketika Kita Memaknai Hari Ini Adalah Hari Yang Sangat Luar Biasa, Maka Kita Akan Keluar Dari Lapangan Ini Menjadi Orang Yang Sangat Luar Biasa” (H.Hartono,SH)

(my/foto:prokom,aan,BKPSDM