Tegas Menangani Sampah dan Jaga Kebersihan Lingkungan Kabupaten Seruyan

Kuala Pembuang – Jumat pagi (02/03/2018) bertempat di halaman Kantor Bupati Seruyan, Sekda Drs Haryono, MM memimpin apel Hari Peduli Sampah Nasional. Dengan mengambil tema Sayangi Bumi, Bersihkan dari Sampah, apel dihadiri oleh Kepala Perangkat Daerah dan para ASN lingkup PemKab Seruyan.

Sekda Seruyan saat membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan kehutanan menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada bapak Gubernur yang telah melaksanakan program pengelolaan sampah dengan baik dan telah menunjukkan ciri kepemimpinan daerah yang berwawasan lingkungan. Hal ini sangat penting sesuai dengan amanat Undang-Undang Tahun 32 Tahun 2009 serta Undang-Undang Tahun 18 Tahun 2008 guna mewujudkan lingkungan yang baik dan sehat bagi masyarakat.

Pengelolaan sampah harus dilakukan secara komprehensif dan terpadu dari hulu ke hilir agar meberikan manfaat secara ekonomi, sehat bagi masyarakat dan aman bagi lingkungan serta dapat mendukung terbentuknya perilaku masyarakat berwawasan lingkungan. Pada tahun 2018 ini penting untuk dapat dicapai kondisi yang kondusif untuk pemenuhan secara utuh implementasi Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah. Hal yang perlu menjadi perhatian terutama berkenaan dengan perlunya peningkatan kesadaran kolektif dan optimisme bersama dari seluruh pemangku kepentingan, perlunya mewujudkan gerakan kolaborasi, kerja bersama pengelolaan sampah antar pemangku kepentingan serta mendorong dan memfasilitasi pengembangan manfaat hasil pengelolaan sampah.

Pada kesempatan tersebut Sekda mengharapkan agar setiap Kepala SKPD yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Seruyan benar-benar tegas terhadap masalah sampah dan menginstruksikan  kepada seluruh staf untuk selalu menjaga kebersihan di lingkungan kerja masing-masing. (Kominfo Seruyan/IKP/nrl/aan)