Statistik sektoral

Kuala Pembuang- Pembangunan yang telah dan akan dilaksanakan oleh pemerintah baik pusat maupun daerah selalu bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat. Hal tersebut termaktub di dalam Pembukaan UUD 1945 bahwa negara ini dibangun dengan tujuan untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa adalah suatu cita-cita nan mulia dan ini sangat sesuai sekali dengan peran Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik pada Bidang Statistik dan Persandian  dalam mendukung tercapainya cita-cita tersebut. Kesejahteraan dan kecerdasan adalah sama-sama berfungsi sebagai indikator statistik, jadi untuk menunjukan hal tersebut sebagai Indikator maka haruslah tersaji menjadi sebuah data- data statistik yang mampu menjelaskan tentang keberhasilan atau kegagalan dari proses pencapaian yang telah dilakukan.

Kemudian Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 terkait dengan perangkat daerah dan Peraturan Kepala BPS Nomor 9 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Statistik Sektoral oleh Pemerintah Daerah, maka kewenangan di bidang statistik terutama di bidang statistik sektoral menjadi tugas pokok dan fungsi dari Badan Pusat Statistik (BPS) serta Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfosantik) di Kabupaten kota, oleh karena itu pemerintah daerah melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Seruyan menggelar kegiatan Pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) Penyelenggara Statistik Sektoral Organisasi Perangkat daerah pada Selasa (14/08/18) Kemarin. Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Dinas atau yang diwakilkan pada sekretaris Dinas Komunikasi Informatika dan statistik, Angga, SE tersebut juga dihadiri oleh perwakilan pemerintah Daerah yakni asisten I bagian Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda Seruyan, Rusnah dan tamu undangan dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Pada kesempatan itu, asisten I bagian Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda Seruyan, Rusnah menyampaikan, bidang statistik sektoral merupakan tugas dan fungsi Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Seruyan, maka harus mampu menyediakan data dan informasi pemerintah daerah bagi kepentingan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi atas pelaksanaan pembangunan yang ada dilingkup daerah kerjanya ini secara akurat. Namun untuk mendukung itu semua, butuh sinergi antara Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik sebagai penyedia data statistik dasar dan organisasi perangkat daerah (OPD) sebagai penyedia data statistik sektoral untuk bersama-sama menyediakan statistik bagi keperluan perencanaan dan evaluasi pembangunan. Oleh karena itu inilah pentingnya Pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) Penyelenggara Statistik Sektoral Organisasi Perangkat daerah ini, guna mengajarkan kepada seluruh tenaga teknis  perangkat daerah yang membidangi hal tersebut agar dapat membuat format data sektoral yang menjadi tugas dan fungsi perangkat daerah itu.(Sup/Foto:Jai)