Dinas Perikanan Gelar Sosialisasi Hama Dan Penyakit Ikan

Bertempat di Aula Kantor Dinas Perikanan Kabupaten Seruyan, Dinas Perikanan menggelar Sosialisasi Hama dan Penyakit Ikan di Kecamatan Seruyan Hilir”. Kegiatan tersebut digelar melalui Bidang Perikanan Budidaya yang diikuti pembudidaya ikan dan penyuluh perikanan.    Sebagai wujud dari kemitraan dan sinergitas dengan Dinas Perikanan Kabupaten Seruyan dan Stasiun Karantina Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Palangka Raya diundang sebagai narasumber pada ”Sosialisasi Hama dan Penyakit Ikan di Kecamatan Seruyan Hilir”. Latar belakang digelarnya kegiatan Sosialisasi ini adalah hama dan penyakit ikan sering dialami oleh para pembudidaya ikan di Kabupaten Seruyan. Namun banyak para pembudidaya ikan di Kabupaten Seruyan yang masih belum paham apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya. Penyebab utama terjadinya kegagalan produksi budidaya ikan biasanya disebabkan oleh karena adanya hama dan penyakit yang menyerang dalam wadah budidaya ikan. Serangan hama dan penyakit ikan dapat menghambat pertumbuhan ikan lama berkembang dengan begitu akan menambah permodalan sebelum musim panen tiba akibat hama dan penyakit serta mengakibatkan kerugian ekonomis dan faktor penganggu keberhasilan usaha budidaya ikan.

Penyelenggaraan sosialisasi hama dan penyakit ini memiliki nilai yang sangat strategis dan penting sebagai salah satu media komunikasi antara pembudidaya ikan dengan dinas teknis terkait dan narasumber dalam mengenal sumber penyakit, penyebab dan jenisnya serta teknik-teknik pengendalian hama dan penyakit ikan sehingga dapat menimalisir kegagalan panen dan kerugian ekonomis bagi pembudidaya ikan. Tujuan dari kegiatan Sosialisasi Hama dan Penyakit ini adalah menambah pengetahuan mengenai berbagai macam hama dan penyakit ikan serta cara pengendalian terhadap hama dan penyakit ikan bagi penyuluh perikanan serta pembudidya ikan air payau dan air tawar di Kabupaten Seruyan.

Pemateri dalam Kegiatan Sosialisasi Hama dan Penyakit Ikan disampaikan oleh Iromo, S.IP selaku Kepala Stasiun Karantina Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Palangka Raya dan Mimae Arivanae, S.St.Pi, M.Si selaku Pejabat Fungsional Pengendali Hama dan Penyakit Ikan (Ahli Muda) Stasiun Karantina Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Palangka Raya. Secara singkat penyampaian materi pada kegiatan tersebut meliputi pengenalan terhadap tugas pokok Stasiun Karantina Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Palangka Raya, penerapan Cara Karantina Ikan Yang Baik (CKIB), faktor yang mempengaruhi sistem kekebalan pada ikan jenis-jenis penyakit yang menginfeksi pada ikan/udang serta pencegahan/pengendalian penyakit ikan/udang

Kegiatan Sosialisasi Hama dan Penyakit Ikan di Kecamatan Seruyan Hilir mendapat respon yang positif dari para pembudidaya ikan serta Dinas Perikanan Kabupaten Seruyan dan diharapkan kedepannya koordinasi, komunikasi dan kerja sama lebih ditingkatkan lagi dengan pihak Stasiun Karantina Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Palangka Raya. (DISKAN/Hfj)