Saber Pungli

Kuala pembuangРSelasa (17/7/2018) Dalam rangka mendukung seluruh Program Kerja Pemerintah Pusat serta  menciptakan Sistem Pemerintahan yang bersih dari kegiatan Pungutan Liar, Satgas Saber Pungli Kalimantan Tengah melakukan Supervisi (pengawasan) ke Unit Pelaksana Program (UPP) Daerah- daerah yang ada di Kalimantan Tengah salah satunya adalah Kabupaten yang berjuluk Gawi Hatantiring atau Kabupaten Seruyan ini. Tim Satgas Saber Pungli Kalteng yang melakukan supervisi di UPP Seruyan yang dipimpin Itwasda Polda Kalteng AKP Masharsono didampingi Kepala Satgas Saber Pungli Kabupaten Seruyan Kompol Agus Dwi Suryanto yang juga menjabat sebagai Waka Polres Seruyan. Supervisi yang dilaksanakan oleh Satgas Saber Pungli Kalimantan Tengah ini bertujuan untuk mensinergikan program yang ada di Satgas Saber Pungli Provinsi dan Satgas Saber Pungli Kabupaten serta untuk melihat sejauh mana pelaksanaan yang telah dilakukan oleh tim Saber Pugli Kabupaten dalam pencegahan pungli di lingkup pemerintahan yang diawasinya, Selain itu supervisi ini juga diharapkan sebagai ajang diskusi terkait permasalahan yang perlu disampaikan, baik oleh Satgas UPP Provinsi Kalimantan Tengah maupun Satgas UPP Kabupaten Seruyan, sehingga tercipta sinergitas yang baik antara kedua belah pihak.

Selain itu Pihaknya juga mengapresiasi dengan sikap Pemda Seruyan yang menyambut baik adanya tim saber pungli ini ,sehingga hal ini merupakan sinyal positif bahwa keberadaan satgas saber pungli ini benar-benar nantinya berdaya guna dalam merebut hati (kepercayaan) masyarakat untuk seluruh pelayanan pemerintah. Oleh karena itu mereka juga mengingatkan kepada seluruh anggota yang tergabung dalam tim satgas saber pungli yang ada di Seruyan agar selalu mampu berperan aktif dalam Pensosialisasian dan pencegahan akan adanya potensi praktik- praktik pungutan liar yang berada didalam kegiatan pelayanan pemerintahan Kabupaten Seruyan.

Kemudian pada kesempatan itu Ketua Tim Satgas Saber Pungli Provinsi tersebut juga menambahkan agar seluruh tim saber pungli dan peserta sosialisasi dapat bersama-sama mencegah aksi pungli dan bahkan tidak menjadi oknum pelaku pungli sehingga apa yang menjadi sasaran kegiatan, terutama untuk pencegahan, bisa berjalan dengan baik. “Mari kita bersama-sama menghilangkan budaya pungli, baik itu di Kabupaten Seruyan khususnya maupun di Provinsi Kalimantan Tengah umumnya,” katanya. Kemudian ia juga menambahkan bahwa sosialisasi pencegahan pungli telah dilaksanakan oleh jajaran Polres Seruyan bersama instansi terkait dan dilakukan ke lembaga- lembaga pemerintahan daerah dan sekolah-sekolah. “Dari polres hingga polsek juga gencar menggelar sosialisasi pungli, baik itu ke lembaga pemerintah daerah hingga ke sekolah-sekolah,” katanya. (Sup/Foto : Jai)