Perpustakaan Keliling “Memberikan Layanan Terbaik Hingga Pelosok”

Tanjung Paring – Untuk meningkatkan wawasan tak cukup hanya mengandalkan materi pelajaran disekolah, karena perkembangan ilmu pengetahuan sifatnya dinamis dan sangat luas, yang tentunya tidak semuanya tersedia disekolah. Dengan adanya fasilitas mobil perpustakaan keliling (Pusling) tentunya bisa membantu mereka terutama murid di SDN 1 dan 2 Tanjung Paring, Kecamatan Danau Seluluk. Rabu (18/4). SDN 1 Tanjung Paring menjadi jutuan pertama kegiatan pusling, dipimpin oleh Daud, S.Pd dan dengan jumlah tenaga pengajar sebanyak 7 orang, 1 orang GTT dan 74 murid. Pusling berlanjut dihari kedua ke SDN 2 Tanjung Paring yang dipimpin oleh Supadi, S. Pd jumlah tenaga pengajar sebanyak 4 orang, 1 orang GTT dan 74 murid. Sambutan hangat dan antusias tampak terlihat diraut wajah tenaga pengajar serta murid ketika mobil pusling datang menyambangi sekolah mereka. Mengambil dan membaca buku-buku yang tersedia di mobil pusling.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Seruyan tidak hanya disatu wilayah yg disambangin oleh mobil pusling. Kali ini di desa Asam Baru tepatnya di SDN Tanjung Hara yang dipimpin oleh Kepala Sekolah Sukri, S.Pd  dan didampingi oleh 9 orang tenaga pengajar dan 25 murid. Sama seperti ditempat sebelumnya murid SDN Tanjung Hara juga tampak sangat antusias, tak lama mobil Pusling datang mereke sehera menyerbu dan bergerombol disekitar mobil pusling dan menilih buku-buku yang tersedia. Tidak hanya murid para pengajarpun juga tak mau ketinggalan, mereka ikut memilh buku dan membacanya. Diharapkan kedepanya dengan adanya kunjungan mobil pusling ke daerah pelosok dapat merangsang minat baca dan meningkatkan wawsan murid dan guru. Perpustakaan keliling merupakan unit oprasional perpustakaan bergerak berupa kendaraan yang membawa bahan pustaka kepada pembaca atau biasa disebut perpustakaan bergerak. Layanan perpustakaan keliling diberikan kepada semua lapisan masyarakat yang ada disekitar perpustakaan. Layanan ini juga memberikan kesempatan kepada masyarakat pengguna yang keberadaannya jauh dari perpustakan.

Yang menjadi tujuan pusling ini adalah :

  1. Memeratakan layanan informasi dan bacaan kepada masyarakat sampai daerah terpencil dan belum didirikan perpustaan menetap.
  2. Membantu perpustakaan umum dalam mengembangkan pendidikan informal kepada masyarakat.
  3. Memperkenalkan buku-buku dan bahan pustaka lainnya kepada masyarakat.
  4. Memperkenalkan jasa perpustakaan kepada masyarakat, sehingga tumbuh budaya untuk memanfaatkan jasa perpustakaan kepada masyarakat.
  5. Meningkatkan minat baca dengan mengembangkan cinta buku pada masyarakat.
  6. Mengadakan kerjasama dengan lembaga masyarakat sosial, pendidikan dan pemerintah dalam meningkatkan kemampuan intelektual dan kultur masyarakat.

Informasi merupakan susuatu yang sangat dibutuhkan oleh murid – murid di Kecamatan Danau Seluluk. Pusling merupakan media untuk memperoleh informasi bagi guru dan murid. Dengam adanya pusling pemerintah dapat melihat masih tingginya minat baca murid SDN di Desa Tanjung Paring dan Desa Asam Baru. Tingginya minat baca ini terbukti bahwa masyarakat menyadari pentingnya pendidikan dan memperoleh ilmu pengetahuan. Pusling merupakan salah satu diantara sarana dan sumber belajar yang efektif untuk menambah pengetahuan melalui beraneka bacaan. Berbeda dengan pengetahuan dan keterampilan yang dipelajari secara klasik di sekolah, perpustakaan menyediakan berbagai bahan pustaka yang secara individual dapat dimitati oleh peminatnya masing-masing. Tersedianya beraneka bahan pustaka memungkinkan tiap orang memilih apa yang sesuai dengan minat dan kepentingannya, dan kalau warga masyarakat itu masing – masing menambah pengetahuannya melalui pustaka pilihannya, maka akhirnya merata pula peningkatan taraf kecerdasan siswa itu. Kalau kita sepakat bahwa perbaikan mutu pendidikan ditentukan oleh meningkatnya taraf kecerdasan muridnya, maka kehadiran pusling dalam suatu lingkungan sekoah niscaya turut berpengaruh terhadap teratasinya kondisi ketertinggalan murid yang bersangkutan.

(my/Sumber : Dinas Perpustaan & Kearsipan)