Penyerahan Bantuan Alsintan Untuk Meningkatkan Produktivitas Pertanian Seruyan

 

Desa Persil Raya, Seruyan Hilir –  Pjs. Bupati Seruyan Ir. Leonard S. Ampung, MM.,MT menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan)  didampingi Sekretaris Daerah Drs. Haryono, MM dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Sugian Noor pada Selasa (27/02/2018). Bertempat di Balai Penyuluh Pertanian, Perkebunan, Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Seruyan Hilir, bantuan alsintan diterima oleh Gabungan Kelompok Tani dari Kelurahan Kuala Pembuang I, Desa Pematang Panjang, Kartika Bakti, Bangun Harjo, Halimaung Jaya dan Mekar Indah.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Seruyan Sugian Noor dalam laporannya menyampaikan alat dan mesin pertanian yang diserahkan sejumlah 23 unit pompa air, kultivator (sejenis handtraktor) sejumlah 3 unit, handtracktor brigade alsintan sejumlah 25 unit serta 7 unit traktor. Dalam kesempatan tersebut, Sugian Noor mengharapkan agar dapat akses pinjam pakai alat eksavator milik Pemerintah Provinsi minimal satu tahun untuk keperluan pertanian Kabupaten Seruyan  yang langsung disambut baik oleh Pjs. Bupati Leonard.

Dalam sambutannya Pjs. Bupati Seruyan menyampaikan agar bantuan alsintan ini dapat dimanfaatkan secara maksimal, dipelihara dengan baik dan dioperasionalkan sesuai standar operasionalnya masing-masing. Serta perlunya pendampingan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, supaya alat dengan standar yang sudah bagus ini dapat dikelola dengan sebaik-baiknya. Alat dan mesin pertanian yang diserahkan merupakan bantuan yang bersumber dari APBD Kabupaten Seruyan, APBD Provinsi dan APBN. Hal ini merupakan sinergitas yang baik antara kabupaten, provinsi dan pusat dalam rangka memperkuat kelompok tani agar dapat lebih meningkatkan hasil produktivitas pertanian. (nrl/foto: zey)