Pemuktahiran Data Pemilu 2019

KUALA PEMBUANG – Sebagaimana diamantakan oleh Undang – Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang mana salah satu tugas, wewenang dan kewajiban Komisi Pemilihan Umum sebagai Penyelenggara Pemilu adalah memutakhirkan Data Pemilih, menyusun dan menetapkan Daftar Pemilih. Komisi Pemilihan Umum (KPU) dituntut menjunjung tinggi nilai demokrasi dengan mewujudkan Daftar Pemilih yang berkualitas. Dalam penyelenggaraan Pemilu tahun 2019 KPU Kabupaten Seruyan bersama Banwaslu serta Pemerintah Daerah saling dukung dan melakukan sinkronisasi untuk membantu dalam pemutakhiran data pemilih melalui pencermatan DP4 dengat data pemilih terkini hingga penccokan dan penelitian data yang dialksanakan oleh PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) pada Pilkada serentak Tahun 2018. Dengan semua tahapan ini KPU yakin bahwa kualitas Daftar Pemilih Tetap menjadi lebih baik. Selain itu, KPU juga berhasil membangun database Pemilih yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia melalui aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (SIDALIH) yang membantu penyusunan Data Pemilih Pemilu Tahun 2019.

Peraturan KPU RI Nomor 5 Tahun 2018 tentang Perubahan atas PKPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggara Pemilihan Umum, bahwa tahapan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) telah dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Seruyan dengan jumlah DPT sebanyak 103.619 pemilih, selanjutnya DPT disempurnkan kembali dengan melakukan pencermatan bersama oleh KPU, Banwaslu dan peserta Partai Politik untuk membersihkan data ganda dan memperbaiki Data Pemilih untuk selanjutnya hasil perbaikan menjadi 102.057 pemilih. Dan saat ini demu lebih validnya data DPT untuk Pemilihan Tahun 2019 KPU Kabupaten Seruyan masih membuka layanan untuk menerima masukan dan tanggapan dari masyarakat apabila belum terdaftar dalam DPT Pemilihan Tahun 2019. Dalam rangka melindungi hak pilih Warga Negara Indonesia, KPU melakukan Gerakan Melindungi Hak Pilih (#GMHP).

Gerakan ini bertujuan untuk memastikan seluruh warga negara yang memenuhi syarat sebagai pemilih terdaftar sebagai pemilih pada Pemilu 2019. Kegiatan GMHP akan berlangsung dari tanggal 1 Oktober hingga 28 Oktober mendatang. Gerakan ini dilakukan dengan mendata pemilih yang belum masuk ke DPT lewat mekanisme verifikasi faktual. Pendataan ini akan fokus pada kalangan pemilih pemula. Selama 28 hari itu akan dioptimalkan untuk menyisisr warga yang mempunyai hak pilih namun belum terdaftar dalam DPT. Diharapkan masyarakat dapat melakukan tiga hal. Pertama, masyarakat mau datang ke kantor kelurahan atau desa minimal sekali untuk mengecek apakah sudah terdaftar atau belum. Kedua, melakukan pengecekan di website dengan alamat www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id atau mengunduh aplikasi KPU RI Pemilu 2019 dan apabila belum terdaftar segera ke Kantor KPU, Kantor PPK atau Kantor PPS.

#KPUMelayani

#GerakanMelindungiHakPIlih

#SuksesPemilu2019

(my, Sumber : KPU Kabupaten Seruyan)