Pelantikan Kades dan BPD Di Kecamatan Hanau

Kuala Pembuang – Bupati Seruyan Yulhaidir telah resmi melantik enam orang Kepala Desa serta anggota BPD dilingkup pemerintah Kabupaten Seruyan yang bertempat di gedung serbaguna Pembuang Hulu Kecamatan Hanau, senin (22/10/2018). Enam Kepala Desa yang dilantik Bupati Seruyan tersebut terbagi atas tiga orang Kepala Desa definitif dan tiga orang kepala desa antar waktu atau Penjabat (Pj) kepala desa. Kepala Desa yg merupakan kepala desa definitif yakni kepala desa Rungau Raya, Batu Menangis, dan Tumbang Salau, sedangkan yang di isi oleh Penjabat (Pj) Kepala desa adalah desa Sungai undang, Paren, dan juga Batu Agung, serta 13 orang anggota BPD. Kegiatan pelantikan ataupun pengambilan sumpah/ janji ini dihadiri pula oleh Ketua TP PKK Ny. Fauziah Yulhaidir, Asisten Pemerintahan Sekda Hj. Rusnah, M.Pd, Kepala DPMD Ir. Dibel, Kabag Administrasi Pemerintahan Setda Amin Suhaimi, S.Sos., serta Plt. Kadiskominfo Angga, S.E. Kemudian pada sambutannya Bupati Seruyan mengatakan bahwa 3 orang Kepala Desa antar waktu yang dilantik berdasarkan pasal 78 ayat 1 perda Kabupaten Seruyan nomor 1 tahun 2016 tentang pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian kepala desa adalah kepala desa yang dipilih melalui musyawarah desa untuk mengisi kekosongan jabatan kepala desa yang diberhentikan dengan sisa masa jabatan lebih dari 1 tahun, Masa jabatan kepala desa antar waktu adalah melanjutkan sisa masa jabatan kepala desa yang diberhentikan, Kepala desa antar waktu diberi tugas, kewajiban, wewenang, dan hak yang sama dengan kepala desa.

 Sejak lahirnya undang – undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, Kepala Desa selaku pemerintah desa dan BPD memiliki kedudukan yang sama, yakni merupakan kelembagaan desa yang sejajar dengan lembaga kemasyarakatan desa dan lembaga adat dan tidak dibagi atau dipisah dalam suatu hierarki. Kepala desa dan BPD berfungsi menetapkan peraturan desa serta berupaya menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat. Kemudian ia juga berpesan kepada seluruh Kepala Desa serta anggota BPD yang telah dilantik agar melaksanakan tugas yang diemban dengan sepenuh hati, pikiran  serta  tenaga yang ada guna memperoleh hasil yang maksimal guna memajukan desa yang akan dipimpin. Adapun poin-poin yang disampaikan adalah :

Pertama bekerjalah dan laksanakan tugas dengan sungguh- sungguh dengan penuh tanggung jawab sesuai fungsi dan tugas saudara sesuai dengan perundang – undangan yang berlaku.

Kedua  sebagai unsur pemerintahan, BPD merupakan mitra Kepala Desa untuk itu bangunlah komunikasi yang harmonis dan bergandengan tangan dengan terus melakukan koordinasi maupun konsultasi dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan kemasyarakatan di desa.

Ketiga dalam rangka pelaksanaan kebijakan pemerintah Kabupaten Seruyan melalui Alokasi Dana Desa (ADD) dan kebijakan Pemerintah Pusat  melalui Dana Desa (DD), agar saudara- saudara dapat mengikuti dan menjalankan seluruh prosedur, ikuti mekanisme agar pelaksanaan dapat lebih efektif, transparan dan dapat dipertanggung jawabkan secara baik dan benar sesuai dengan aturan yang berlaku.

Keempat bahu membahulah dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi di masyarakat desa, tumbuh kembangkan semangat kebersamaan, kerukunan serta kekompakan dalam bekerja sesuai dengan semboyan Kabupaten Seruyan Gawi Hatantiring, kemudian jadilah pribadi yang bijak dalam menyikapi isu-isu yang berpotensi memecah belah kesatuan dan persatuan bangsa, serta mewujudkan Seruyan damai, adil dan sejahtera tanpa adanya perpecahan suku, ras, maupun agama.(Sup/Foto: Jai)