Pameran Produk Unggulan Daerah

Kabupaten Seruyan membawa nama  baik Provinsi Kalimantan Tengah dengan menyabet dua gelar juara pada total dua kategori yang diperlombakan dalam kegiatan pameran dan publikasi produk unggulan daerah yang digelar Kementerian Dalam Negeri Direktorat Jenderal Otonomi Daerah dalam rangka memperingati Hari Otonomi Daerah ke XXII Tahun 2018 pada Kamis-Jumat (19 sd 20/04/2018) di Kawasan Kantor Kementerian Dalam Negeri Jakarta. Dibuka secara resmi oleh ibu Penasehat Darma Wanita Persatuan Kemendagri, dr. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, dan dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kemendagri beserta para pejabat Eselon I dan Eselon II di lingkungan Kemendagri. Pembukaan pameran terasa semakin semarak dengan kehadiran bintang tamu Tukul Arwana yang memandu acara talk show produk unggulan daerah. Kegiatan ini diikuti oleh 41 provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia yang menampilkan 97 jenis produk unggulan dan puluhan pelaku usaha mandiri.

Stand Kabupaten Seruyan mendapat apresiasi positif dari pengunjung pameran dan publikasi produk unggulan daerah yang digelar selama dua hari di Kementerian Dalam Negeri Jakarta. Menampilkan beberapa produk unggulan daerah seperti pisang kepok, aneka produk olahan pisang, aneka produk olahan ikan seperti kerupuk pipih, terasi, ikan asin dan kerajinan daerah seperti produk tempurung kelapa, tas anyaman purun dan Benang Bintik, kain batik khas Kalimantan Tengah. Salah satu produk yang paling menarik perhatian pengunjung adalah pisang kepok. Dari pisang kepok yang dibawa dari daerah, dalam tempo beberapa jam saja sudah ludes dibeli para pengunjung. Selain itu, penampilan dari putera-puteri pariwisata Kabupaten Seruyan yang memakai pakaian adat Dayak Pedalaman sangat menarik perhatian pengunjung. Banyak para pengunjung meminta berfoto bersama karena kagum dengan pakaian adat dayak pedalaman yang terlihat unik dan megah.

Pameran Publikasi Produk Unggulan Daerah dalam rangka Hari Otonomi Daerah XXII Tahun 2018 yang digelar Kementerian Dalam Negeri resmi ditutup pada Jumat (20/04/2018) sore. Kabupaten Seruyan membawa nama baik Provinsi Kalimantan Tengah dengan menyabet dua gelar juara pada total dua kategori yang diperlombakan. Kategori pertama dinilai oleh tim Kementerian Dalam Negeri, Stand Kabupaten Seruyan mendapatkan juara Harapan Pertama. Adapun aspek penilaian meliputi kerapihan, kebersihan stand, kreativitas dan komunikasi. Penampilan Stand Kabupaten Seruyan mendapatkan kesan yang positif  dari tim penilai Kementerian Dalam Negeri, karena dinilai kreatif  dalam menampilkan putera-puteri pariwisata terbaik dan produk unggulan daerah yang menarik.

Untuk kategori kedua, dinilai oleh Dharma Wanita Persatuan Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri, Stand Kabupaten Seruyan mendapat Juara Kedua Stand Terbaik UPTD. Aspek penilaian meliputi originalitas produk, penataan stand dan kreativitas. Kegiatan Pameran Publikasi Produk Unggulan Daerah ini diikuti oleh 19 Provinsi dan 14 Kabupaten/Kota se-Indonesia yang menampilkan 97 jenis produk unggulan dan puluhan pelaku usaha mandiri dengan  total 133 stand. Kegiatan ini bertujuan untuk mempublikasikan dan memasarkan hasil produk unggulan daerah sebagai upaya penguatan perekonomian daerah, sebagai wujud sinergitas antara pemerintah dan masyarakat/pelaku usaha, serta menampilkan berbagai variasi potensi daerah dan kearifan lokal seluruh Indonesia. (kominfo seruyan/nrl/zey)