Kembali Pj. Bupati Seruyan Mengambil Sumpah/ Janji PNS dan Pelantikan Jabatan Fungsional Tertentu Tahun 2018

Kuala Pembuang – Pj. Bupati Seruyan Ir. Muhammad Hatta, M.M, mengambil sumpah dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam Jabatan Fungsional Tertentu di lingkungan Pemerintah Kabupaten Seruyan sebanyak 59 orang yang terdiri dari 32 orang tenaga pengajar/guru, 9 orang tenaga medis/ bidan, 8 orang auditor, 3 orang penyuluh pertanian dan 7 orang CPNS yang ikut dalam pengambilan sumpah/ janji PNS, Selasa (7/8). Pengambilan sumpah/ janji ini merupakan sebuah ikrar bagi mereka untuk patuh dan taan terhadap peraturan yang berlaku serta bertanggung jawab penuh dengan tugas yang diembankan. Ucapan dan harapan dari Pj Bupati Muhammad Hatta kepada para PNS yang baru maupun yang lama agar bisa mengjunjung tinggi kehormatan bangsa dan negara terutama Kabupaten Seruyan dan tetap menjunjung tali silaturahmi kepada semua komponen pemerintah daerah maupun masyarakat. “Saya ucapkan selamat kepada seluruh Calon Pegawai Negeri Sipil yang baru saja diangkat menjadi PNS yang sekaligus dilantik dalam Jabatan Fungsional Tertentu”. “Saya berharap kepada saudara agar bekerja dengan penuh tanggungjawab, lebih meningkatkan motivasi dalam bekerja, bekerja dengan sepenuh hati untuk mendharma bhaktikan ilmu pengetahuan yang saudara-saudari dapatkan ketika mengikuti pendidikan maupun pelatihan untuk dapat diterapkan dalam membangun Kabupaten Seruyan…”. ucapnya

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan ketentuan PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS pada pasal 39 ayat (1) yang menyebutkan “Setiap Calon Pegawai Negeri Sipil pada saat diangkat menjadi PNS wajib mengucapkan sumpah/ janji. Dengan berlakunya PP tersebut, maka terjadi perubahan proses pengangkatan PNS dalam Jabatan Fungsional Tertentu tidak dilaksanakan kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan, akan tetapi sekarang ada penekanan tugas pokok dan fungsi bagi yang akan diangkat dalam jabatan tersebut. Setiap PNS yang sebelumnya mengisi formasi jabatan fungsional untuk dapat diangkat dalam jabatan fungsionalnya maka wajib dilantik dan diambil sumpah janji jabatannya sebagaimana pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan pada PNS yang diangkat dalam jabatan struktural. Kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan fungsional teertentu diatur dalam Pasal 87 pada Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017.

Bahwa jabatan fungsional tertentu merupakan jabatan yang sama pentingnya dengan jabatan struktural sehingga perlu dilaksakan pelantikan dan sumpah janji jabatan. Untuk mengingatkan kembali kepada PNS agar bekerja dengan penuh tanggung jawab untuk mengabdikan diri kepada masyarakat, mengabdikan diri kepada pemerintah sesuai dengan keahlianya. Berdasarkan UU Nomor 8 Tahun 1974 jo UU Nomor 43 Tahun 1999 tentang pokok – pokok kepegawaian dinyatakan bahwa pegawai negeri terdiri dari :

  1. Pegawai Negeri Sipil
  2. Anggota Kepolisisan Negara Republik Indonesia
  3. Anggota Tentara Republik Indonesia

Menurut induk kerjanya PNS dibagi dua, yaitu PNS Pusat yaitu pegawai yang gajinya dibebankan APBN dan PNS Daerah yang gajinya dari APBD. Dalam birokrasi pemerintahan dikenal juga jabatan karier. Yaitu jabatan struktural dan fungsional.

Jabatan struktural artinya jabatan yang secara tegas ada dalam struktur organisasi. Jabatan yang bertingkat-tingkat dari yang terendah eselon V/a sampai yang tertinggi eselon I/a. Contoh : Kepala TU SMP, Kepala TU UPT, Kepala UPT, Kepala Dinas, Sekda, Irjen dan Dirjen.

Jabatan fungsional artinya jabatan yang tidak tercantum dalam organisasi yang kedudukan dan tugasnya didasarkan pada keahlian dan keterampilan tertentu.

Jabatan ini terdiri dari dua macam :

  1. Fungsional Tertentu yaitu pegawai yang pengangkatan dalam jabatan dan kenaikan pangkatnya disyaratkan dengan kredit. Contoh : Guru (termasuk KS), Pegawai Sekolah, Dosen, Perawat, Dokter, dsb.
  2. Fungsional Umum yaitu pegawai yang pengangkatan dalam jabatan dan kenaikan pangkat tidak disyaratkan dengan angka kredit. Contoh : Penjaga Sekolah, Pegawai TU, Pengemudi, Penyuluh dsb.

(my/foto:prokom)