Berita Utama
Jumat, 5 Juli 2024 12:15 WIB

Inovasi Baru Meningkatkan Literasi Digital Masyarakat di Kapupaten Seruyan

Peresmian Internet Publik berupa layanan wifi gratis

Topik:
Berita Seruyan
/
2024
Oleh:
IKP
Dilihat:
10x

Kuala Pembuang, InfoPublik - Penjabat (Pj.) Bupati Seruyan Djainuddin Noor didampingi Pj. Sekretaris Daerah Bahrun Abbas, secara resmi meluncurkan Internet Publik berupa layanan wifi gratis dalam rangkaian kegiatan menyambut HUT ke - 22 Kabupaten Seruyan dan HUT ke - 79 Republik Indonesia di Lapangan Stadion Gagah Lurus. Jum'at,(5/7/2024).

Internet Publik ini untuk menjawab kebutuhan masyarakat terkait Infrastruktur Telekomunikasi dan Informasi di Era Digitalisasi saat ini. Internet telah menjadi kebutuhan dalam mendukung berbagai aktifitas masyarakat.

Layanan Internet gratis ini merupakan terobosan inovasi dari Pemerintah Daerah Kabupaten Seruyan memalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandiaan Kabupaten Seruyan selaku Leadg Sector Ifrastuktur layanan Internet dan Intranet Perangkat Daerah (PD) di lingkup Pemerintahan Kabupaten Seruyan.

“Saat ini, Setralisasi Infrastuktur layanan Internet dan Intranet PD melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandiaan Kabupaten Seruyan. Semua PD sudah terintegrasi jaringan melalui Fiber Optik sampai dengan lima Kecamatan yang ada di Kabupaten Seruyan.

Dalam kesempatan ini Djainuddin Noor selaku Pj. Bupati Seruyan berharap layanan internet gratis ini tidak hanya memenuhi kebutuhan masyarakat atas akses internet di ruang publik, namun juga dapat dimanfaatkan dalam mendukung ekonomi kreatif dan pengetahuan untuk dunia pendidikan bagi pelajar.

Ujar Djai panggilan akrabnya, ia  berharap masyarakat dapat memanfaatkan internet ini untuk hal-hal yang bersifat produktif, untuk berkarya, belajar, meningkatkan wawasan pengetahuan dan menunjang ekonomi kreatif yang saat ini sedang gencar-gencarnya dilakukan pemerintah. Gunakan layanan publik ini dengan sebaik-baiknya dan jangan disalah gunakan untuk hal negatif seperti judi online,”

Selain itu dengan adanya wifi gratis ini bisa mendukung beberapa sub sector ekonomi kreatif yang ada seperti desain komunikasi visual, fotografi, desain produk, periklanan, aplikasi dan sampai pengembangan permainan yang sifatnya positif,sehingga kedepannya Stadion Gagah Lurus menjadi tempat ramai dikunjungi.

Terkait waktu pemanfaatan, Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Seruyan Reson Rusdianto  Kabupaten Seruyan menyampaikan layanan internet gratis ini dapat dimanfaatkan masyarakat umum setiap hari dengan jam tertentu, yaitu jam 16:00 WIB - 21:00 WIB. Terkait dengan dibatasi waktu ini agar lebih mudah dalam pengawasan dan tidak menggangu kegiatan sekolah para siswa yang ikut bagian dalam menggunakan wifi tersebut. (Mc.Kab.Seruyan/Eyv)