Bantuan BTS Untuk Seruyan

Tumbang Manjul – Untuk memeratakan akses internet meratadiseluruh Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana  membangun Base Transceiver Station (BTS) secara masif sepanjang tahun 2018. Bertempat di aula Kantor Camat Seruyan Hulu, Wakil Bupati Seruyan Yulhaidir memimpin rapat rencana pembangunan tower BTS di Kecamatan Seruyan Hulu dan Kecamatan Suling Tambun, Kamis (19/7).

Yulhaidir menyampaikan kepada masyarakat “Akan ada rehab rumah untuk warga desa yang kurang mampu dan kepada masyarakat yang hadir agar dapat menghibahkan tanahnya berukuran 20×20 M untuk pendirian tower BTS tersbut dan demi lancarnya telekomunikasi kelak” ujarnya. Program BTS Uversal Service Obligation (USO) Kementerian Kominfo ini adalah bantuan pembangunan BTS di wilayah blankspot atau tidak terpancar sinyal telekomunikasi dari BTS komersial untuk melayani akses telekomunikasi. BTS sebagai pemancar layanan telekomunikasi ditergetkan dapat tebangun sampai diangka 5.000 unit lewat program BTS USO. Kementerian Kominfo akan menancapkan BTS tersebut diarea yang tidak dimasuki operator seluler. Pembangunan infrastruktur telekomunikasi ini merupakan implementasi dari program BTS USO yang dikerjakan melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI). Sebelum menyandang nama BAKTI, divisi Kominfo yang mengurusi penyediaan internet di daerah terpencil ini bernama Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI). Melalui skema bottom up, titik lokasi pembangunan merupakan usulan dari pemerintah daerah (pemda) dengan menyediakan lahan hibah yang akan menjadi lokasi pembangunan BTS dan kemudian BAKTI yang akan menyediakan infrastrukturnya.

BTS adalah sebuah infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara piranti komunikasi dan jaringan operator. Piranti komunikasi penerima sinyal BTS bisa telepon, telepon seluler, jaringan nirkabel sementara operator jarin gan yaitu GSM, CDMA, atau platform TDMA. BTS mengirimkan dan menerima sinyal radio keperangkat mobile dan mengkonversin sinyal-sinyal tersebut menjadi digital untuk selanjutnya dikirim ke terminal lainnya untuk proses sirkulasi pesan atau data. Nama lain dari BTS adalah Base Station (BS), Radio Base Station (RBS), atau Node B (eNB). (my/foto:prokom)