Visi

Visi Kabupaten Seruyan tahun 2013-2018 adalah:

MENEMBUS KETERISOLASIAN DAERAH DARI ARUS BARANG DAN JASA SERTA ARUS INFORMASI, MENYAMBUNG DISPARITAS PELAYANAN ANTARA DAERAH HILIR DAN DAERAH HULU, GUNA MENGANTAR MASYARAKAT SERUYAN MENJADI SEJAHTERA DAN BERKEADILAN

Visi Kabupaten Seruyan ini memiliki makna sebagai berikut:

Menembus keterisolasian daerah: memiliki makna bahwa pembangunan diarahkan untuk membuka akses keseluruh wilayah Seruyan sehingga terjangkau dan memperlancar pergerakan dan distribusi orang, barang dan jasa.

Menyambung disparitas pelayanan: memiliki makna bahwa pembangunan diarahkan untuk pemerataan pelayanan baik di daerah hulu dan hilir sehingga tercipta optimalisasi dan keseimbangan pembangunan yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat.

Sejahtera: memiliki makna bahwa pembangunan dirahkan untuk menciptakan masyarakat yang sehat, berpendidikan, memiliki daya saing, mampu secara ekonomi dan aman.

Berkeadilan: memiliki makna bahwa pembangunan dilaksanakan secara adil dan bijaksana dengan memperhatikan potensi yang dimiliki dan memanfaatkannya secara optimal guna kesejahtearaan rakyat.

Misi

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi. Untuk mewujudkan visi tersebut, akan ditempuh melalui misi sebagai berikut:

  1. Menciptakan Pemerintahan yang bersih, tidak KKN, efisien, kreatif, inovatif dan profesional.
  2. Mendorong iklim investasi yang sehat berbasis pada potensi daerah.
  3. Menciptakan rasa aman bagi masyarakat.
  4. Menciptakan pendidikan formal dan non formal yang berkualitas dan terakses serta merata.
  5. Menyediakan pelayanan kesehatan masyarakat yang berkualitas dan merata.
  6. Membangun infrastruktur dan meningkatkan infrastruktur wilayah yang merata hingga menjangkau pemukiman warga di pedalaman.
  7. Meningkatkan, mengembangkan dan memberdayakan potensi sumber daya alam, perkebunan, kehutanan, pertanian, perikanan, kelautan, peternakan, pertambangan energi, sumber daya mineral dan keanekaragaman hayati yang berkelanjutan.
  8. Meningkatkan kemampuan dan pengembangan pertumbuhan perekonomian rakyat dengan mendorong pengembangan simpul-simpul ekonomi rakyat utamanya, industri kecil, industri rumah tangga, perdagangan dan jasa serta koperasi.
  9. Membangun sektor pariwisata dengan tetap mengedepankan kearifan budaya lokal masyarakat Seruyan.
  10. Menjamin hak-hak masyarakat dan menciptakan lapangan pekerjaan.
  11. Menciptakan kerukunan dan kedamaian serta keharmonisan kehidupan masyarakat Seruyan.